Visits today: 25

      blog counter

      This post has already been read 17730 times!

      Aplikasi Konfirmasi Surat Setoran Negara

      Salah satu persyaratan dalam lampiran SPM-GU adalah surat setoran yang dilampirkan dalam SPM-GU baik surat setoran pajak (SSP) ataupun surat setoran bukan pajak (SSBP) telah divalidasi/dikonfirmasi oleh KPPN. Validasi/konfirmasi surat setoran diperlukan untuk memastikan apakah penerimaan negara yang telah disetorkan telah masuk ke Kas Negara atau belum. Aplikasi Konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara adalah aplikasi yang dapat membantu satker dan KPPN agar lebih mudah melakukan konfirmasi surat setoran penerimaan negara. Aplikasi Konfirmasi Penerimaan memungkin validasi/konfirmasi surat setoran lebih cepat.

      Aplikasi Konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara digunakan untuk melakukan pengujian atas bukti setor yang diajukan oleh Satker/KPA maupun wajib bayar/wajib setor bahwa atas setoran dimaksud telah diterima di Kas Negara. Satker merekam data surat setoran penerimaan negara yang akan dikonfirmasi pada Aplikasi Konfirmasi dan menyampaikan ADK Konfirmasi ke KPPN. Selain itu, Wajib bayar/wajib setor melakukan perekaman data surat setoran penerimaan Negara dengan Aplikasi Konfirmasi Penerimaan untuk memastikan setorannya telah masuk ke Kas Negara.

      Manfaat:

      • Mempercepat proses konfirmasi. Konfirmasi dilakukan tanpa perlu menunggu laporan penerimaan masuk dari Bank Persepsi KPPN.
      • Mengurangi kasus pemalsuan surat setoran penerimaan negara.
      • Mengurangi kasus penggunaan surat setoran penerimaan negara lebih dari satu kali transaksi.
      • Penerimaan negara yang disetorkan di Bank/Pos Persepsi di luar mitra kerja KPPN masing-masing satker kementerian/lembaga dapat dimintakan konfirmasi ke KPPN mitra kerja Satker.

      Konfirmasi telah dibukukan atau legalisir surat setoran (SSP/SSBP/SSPB/SSPCP) yang dibayarkan melalui bank/pos persepsi mitra KPPN Makassar II dapat dilakukan dengan :

      • Surat permintaan konfirmasi kepada KPPN Makassar II dilampiri surat setoran yang akan dilegalisir dan Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang menunjukkan kode NTPN,
      • Datang langsung ke loket validasi setoran KPPN Makassar II dengan membawa fotocopy surat setoran yang akan dikonfirmasi dan Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang menunjukkan kode NTPN
      • Surat Setoran tersebut agar di legalisir oleh KPA/PPK terlebih dahulu
      • Melalui Aplikasi Konfirmasi Penerimaan. Satuan kerja mengisi detail data setoran yaitu kode NTPN, Kode NTB, Kode satker, Kode MAP,  dan jumlah setoran. Selanjutnya hasil input data tersebut dapat dikirimkan kepada kami melalui email KPPN Makassar II atau datang langsung membawa ADKnya yang telah dikopi di dalam flashdisk ke loket validasi KPPN Makassar II.

      Petunjuk singkat instalasi Aplikasi Konfirmasi Surat Setoran Negara

      1. Install konfirmasibetha.exe
      2. untuk update, instal Update_Konfirmasi_satker.2012.sfx.exe
      3. Ekstrak dengan winrar lalu Copykan seluruh isi file pada RUNTIME 9.rar ke dalam folder C:\tsa
      4. Klik kanan Konfirmasi_satker.2012.exe pada folder C:tsa dan pilih SEND TO DESKTOP (untuk membuat shortcut)
      5. User awal : 01
      6. Password awal : tsa

      [button link="https://docs.google.com/file/d/0B4SmxalHHKKddmM5Y042aHdHSXc/edit" type="big" newwindow="yes"] Klik untuk mendownload aplikasi[/button]

      [button link="https://docs.google.com/file/d/0B4SmxalHHKKdYk5EUzRGX2NWRTQ/edit" color="red"] Runtime 9[/button]

      One Response to “Aplikasi Konfirmasi Surat Setoran Satker”

      Leave a Reply