Visits today: 215

    blog counter

    This post has already been read 2139 times!

     

    Sehubungan dengan diterbitkannya Surat Direktur Pengelolaan Kas negara nomor S-3552/PB.3/2012 mengenai Penggunaan Aplikasi Forecasting Satker (AFS) dan Aplikasi Forecasting KPPN (AFK)  dalam   Penyusunan  dan   Penyampaian   Perkiraan   Penarikan   Dana & Pencairan Dana TA 2012, terkait dengan dengan surat Dit. PKN sebelumnya dengan nomor S-241/PB.3/2012 tanggal 10 Januari 2012 tentang Penundaan Penggunaan dan Sosialiasi Aplikasi Forecasting Satker (AFS) 2012 maka disampaikan hal-hal sebagai berikut :

    1. Aplikasi Forecasting Satker (AFS) 2012 yang telah disempurnakan terintegrasi dengan Aplikasi RKAKL-DIPA 2012;
    2. Aplikasi dapat diunduh di  SINI dan Manualnya bisa didownload di SINI sementara Aplikasi untuk konversi AFS ke RKAKL bisa anda dapatkan di SINI;
    3. Aplikasi Forecasting Satker 2012 terdahulu sesuai surat S-11988/PB.3/2011 tanggal 29 Desember 2011 tentang Penggunaan Aplikasi Forecasting Satker (AFS) 2012 dinyatakan tidak berlaku;

     

    Para Satker mitra kerja dihimbau untuk membuat dan menyampaikan perkiraan penarikan dana mulai bulan Mei 2012 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 192/PMK.05/2009 tentang Perencanaan Kas dan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-03/PB/2010 tentang Perkiraan Penarikan Dana Harian Satuan Kerja dan Perkiraan Pencairan Dana Harian Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, dengan mempergunakan Aplikasi Forecasting Satker (AFS) 2012 tersebut.

     

    Manual afs 2012 (integrated with rkakl dipa application) (1)

    View more documents

    21 Responses to “Aplikasi RKAKL DIPA 2012 terbaru dengan Integrasi AFS”

    • dedi:

      Tolong permudah dalam mendownload aplikasinya

      • administrateur:

        permudah bagaimana maksudnya? kami justru menghosting di tempat lain filenya terpisah dari perbendaharaan goid untuk mempermudah downloadnya ;)

    • leri:

      thanks…
      mending download disini daripada di perbendaharaan.go.id

    • qiem:

      trims,
      lebih mudah mendownload disini daripada dari perbendaharaan langsung.
      The Best Site :)

    • Justan Simorangkir:

      Link kali ini lebih cepat dibandingkan yg dihost di googledocs. Begitu di klik, langsung terdownload. Terimakasih bang.

    • mark:

      kapan aplikasinya berlaku efektif?

      • administrateur:

        Sesuai Surat Edarannya, seharusnya berlaku mulai Bulan Mei ini.
        Namun karena disyaratkan agar KPPN melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis terlebih dahulu, maka berlaku efektifnya setelah dilakukan Bimbingan Teknis oleh KPPN Makassar II yang rencananya dilaksanakan hari Kamis s.d Jumat (3-4 Mei 2012), jika sudah bisa dilaksanakan secara mandiri, silahkan menggunakannya.

    • Afwan:

      apakah konversi AFS ke RKAKL hanya satker yang merevisi DIPANYA.tolong penjelasannya .

    • lora:

      kenapa setelah RKAKL DIPA 2012 di install, tapi tidak bisa dijalankan?tolong infonya…

    • mungkin ada tahapan yang terlewatkan dalam langkah-langkah meng-instal aplikasi RKAKL DIPA 2012, cobalah sekali lagi dengan seksama. apabila masih menemui kendala setelah itu mungkin sebaiknya dijelaskan secara rinci kesalahan dimaksud contoh pada saat memasuki aplikasi tidak bisa ataukah tidak bisa mengoperasikan salah satu menu dalam aplikasi. agar bisa di carikan solusinya. Terimakasih

    • am:

      bagaimana pembuatan rencana penarikan oleh satker yang dokumen sumbernya SKPA?

      • CSO KPPN Makassar II:

        menurut hemat kami, semua perubahan dalam DIPA termasuk perubahan dalam hal penerbitan SKPA harus melalui revisi DIPA sesuai per-15 tahun 2012 tentang tata cara revisi DIPA TA 2012, sehingga prosedurnya tetap melalui perubahan RKAKL. jadi data tetap berpedoman pada aplikasi RKAKL yang terkonversi dengan AFS 2012

        • am:

          Bagaimana langkah konkretnya? ADK SKPA sudah dicoba untuk dimasukkan ke aplikasi RKAKL integrated AFS melalui menu terima data DIPA, tetapi file adk tersebut tidak dapat diterima/terbaca. Mohon petunjuknya :)

          • admin:

            pada dasarnya ADK SKPA yang diterima dari satker penerbit SKPA hanya bisa diproses atau diterima pada Aplikasi SPM satker penerima, sedangkan aplikasi RKAKL memang tidak dapat menerima/membaca ADK SKPA dimaksud.
            sehubungan dengan permasalahan saudara, kami dapat sampaikan bahwa untuk sementara waktu kita masih menunggu info lebih lanjut dari Diroktorat DSP ditjen Perbendaharaan pusat, agar permasalahan SKPA dapat diakomodir pada perencanaan kas yang sudah terintegrasi dengan RKAKL, karena hal tersebut sudah kami teruskan kebagian pengembangan program di DSP ditjen perbendaharaan dimaksud.

    • rere:

      cukup simple dan mudah sedot aplikasinya gan. terimakasih

    • man:

      dear admin, mohon bantuannya.

      kami mendapatkan bcakup file, namun ketika kami ingin restore ke aplikasi rkakl mendapatkan gagal dengan komen “Gagal….data backup anda versi 82, aplikasi 8.X hanya bisa merestore data hasil backup”

      mohon kiranya pencerahannnya

      note:
      aplikasi rkakl kami gunakan:
      modul rkakl : selasa 14 februari 2012
      modul dipa : rabu, 09 Mei 2012

      saya coba untuk mencari update versi 82, mohon kiranya dapat di info…

      atas perhatian diucapkan terima kasih

    • CSO KPPN Makassar II:

      menjawab pertanyaan di atas :
      kalo melihat catatan ttg modul RKAKL-DIPA yang dipergunkan, itu adalah versi 8.1 sedangkan hasil backup data yg akan di restore adalah hasil backup modul RKAKL-DIPA versi 8.2, jadi memang tidak matching. sehingga yang anda perlukan adalah update modul ke versi 8.2. dapat kami sampaikan pula bahwa update versi 8.2 sebenarnya belum dirilis oleh ditjen perbendaharaan, sehingga di kami pun belum dapat menyediakan.
      terkait mengenai pelaksanaan pembuatan AFS agar tidak terkendala, kami sarankan menggunakan versi 8.1 dengan mengambil data DIPA hasil kiriman dari modul 8.2 (jangan melalu restore data backup),

    • iyan:

      koq gak bsa download ya, error 403 (forbidden)!!1… tolong bantuannya pak, terima kasih.

      403. That’s an error.

      Your client does not have permission to get URL /files/Manual%20AFS%202012%20(integrated%20with%20RKAKL-DIPA%20Application)%20(1).doc from this server. (Client IP address: 110.137.56.19)

      You are attempting to perform an activity that you have insufficient permissions for. If you feel this is in error, please contact the project administrator. That’s all we know.

      • admin:

        Terimakasih atas pemberitahuan anda.
        Sudah kami perbaiki link downloadnya. Silahkan didownoad dan laporkan kepada kami jika ada link yang sudah tidak berfungsi lainnya.

    Leave a Reply