Visits today: 139
      telah tersedia update saiba ver 1.1  Tersedia Update Aplikasi SAS 2015 Versi 15.0.4

      This post has already been read 34044 times!

      Tips Cara Cepat Menjadi Operator SAKPA

      1. Lakukan Instalasi: Installer Aplikasi SAKPA 2014.exe
      2. Masuk ke Aplikasi SAKPA 2014 dengan User dan Password: admin
      3. Tabel Referensi > klik SATKER > isilah sesuai Kode Kementerian, ES-1, Wilayah dan Kode Satker beserta Uraian Satker.
      4. Buatlah: USER ACCOUNT  yg terdiri dari: Nama, Nama id, Password, Satker dan pilih Jenis Kewenangan mis: Kantor Daerah (KD).
      5. Masuklah kembali: LOG OFF dengan User dan Password yg telah dibuat.
      6. TRANSFER DIPA KE APLIKASI SAKPA 2014: Pada menu: Transaksi > Copy DIPA dari Aplikasi SPM > isi User dan Password SPM 2014 Anda, (misalnya: ppspm), gunanya untuk menyambung koneksi dengan Aplikasi SPM 2014. (Tentu saja Aplikasi SPM dan SAKPA harus dalam 1 komputer / Laptop). Kemudian pilih No. Dokumen (No. DIPA) yg tersedia, Tanggal Dokumen dan Tanggal Buku otomatis muncul > klik Proses.
      7. Langkah selanjutnya adalah PENGAMBILAN SALDO AWAL. Pada menu: Proses > klik Pengambilan Saldo Awal > Otomatis akan masuk Directory c:\Sakpa12\trn dengan munculnya kode BAES1, Wilayah, Satker dan J.Satker, seterusnya klik pada kotak “Pilih” > Klik Proses Data > Keluar.
      8. Cek Rekonsiliasi Saldo Awal Anda untuk memastikan tidak ada selisih. Langkahnya: Menu: Rekonsiliasi BMN > Rekonsiliasi Saldo Awal > pilih SALDO AWAL BULAN: Januari > klik Proses.
      9. Selanjutnya silakan lakukan Proses Rekonsiliasi SAKPA Anda ke KPPN. Menu: Transaksi > Copy SPM/SP2D dari Aplikasi SPM > masukkan user dan Password SPM untuk meng-koneksi pengambilan SPM/SP2D (pastikan Anda sudah Mencatat No. dan Tanggal SP2D dan me-Load Masternya pada Aplikasi SPM 2014.
      10. Posting
      11. Cetak Laporan
      12. Rekon ke KPPN

      Download Aplikasi SAKPA 14.0.0

      Leave a Reply