Visits today: 132

      blog counter

      This post has already been read 10880 times!

      Bimbingan teknis aplikasi GPP-SPM 2013

      Bimbingan teknis aplikasi GPP-SPM 2013

      Intensitas aktifitas di KPPN semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Namun ditengah-tengah kesibukan tersebut, KPPN Makassar II melaksanakan pelayanan ekstra berupa Bimbingan Teknis Aplikasi SPM 2013 dan GPP Satker 2013 di aula lantai 2 GKN I. Berlangsung selama empat hari dari hari Rabu 12 Desember hingga Sabtu 14 Desember 2012.

      Bimbingan Teknis ini diikuti oleh semua satuan kerja mitra KPPN Makassar II. Dihadiri oleh para Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai (PPABP) atau operator SPM/GPP. Mereka pun sebisa mungkin menyempatkan diri untuk ikut serta, padahal SPM yang harus diajukan oleh mereka juga sangat mendesak dan jumlahnya banyak.

      Sebagai bentuk pelayanan kepada satuan kerja, dalam memberikan bimbingan teknis, KPPN Makassar II melakukan strategi terutama dalam menghadapi banyaknya SPM yang masuk di akhir batas waktu pengajuan SPM. Strategi yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan pelaksana seksi lain untuk mengisi kekosongan seksi Pencairan Dana yang memandu para satker dalam bimbingan teknis tersebut.

      Hasilnya sangat signifikan, SPM dapat diproses seperti biasa tanpa ada halangan dan bimbingan teknis mampu diserap dengan lebih baik oleh satker. Dalam Praktikum pada bimbingan teknis SPM 2013 / GPP satker 2013 terjadi beberapa error program antara lain startup database SPM 2013 yang tidak bisa dijalankan dengan notifikasi “program tidak dapat dijalankan karena MSVCR71.DLL tidak terinstall, coba lakukan instalasi ulang” khususnya pada laptop yang berbasis Windows 7 atau pun vista. Cara praktis untuk mengatasinya tanpa install ulang adalah dengan melakukan copy file MSVCR71.DLL dari folder SPM 2013 ke folder database SPM 2013 tempat aplikasi startup SPM 2013 berada (C:/DBSATKER). Kemudian jalankan startup SPM 2013 menggunakan hak akses Administrator. Semoga informasi ini bisa bermanfaat kepada satuan kerja yang menghadapi masalah serupa.

      Selain itu ada beberapa masalah terkait penginputan NPWP yang tidak dikenali oleh Referensi SPM 2013. Terlihat notifikasi error, tetapi bila dienter, NPWP tersebut bisa masuk. Satker yang lain pun menghadapi masalah terkait adanya kesalahan ADK DIPA dimana Mata Anggaran untuk tunjangan Istri, anak, tunjangan fungsional tidak tercantum. Disarankan untuk berkoordinasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan khusus untuk kasus ini.

      Diharapkan dengan terlaksananya bimbingan teknis ini, pengajuan SPM 2013 khususnya gaji Januari yang dihasilkan dari aplikasi GPP 2013 tidak terkendala dan bisa disampaikan tepat waktu.

      Suasana Bimbingan Teknis Aplikasi GPP dan SPM 2013

      Suasana Bimbingan Teknis Aplikasi GPP & SPM 2013

      Akhir tahun 2012 ramai

      Suasana KPPN Makassar II, Jumat 14 Desember 2012

      5 Responses to “Bimbingan Teknis Aplikasi SPM 2013 dan GPP 2013”

      • admin:

        Permasalahan pada aplikasi SPM 2013 yaitu ’variable npwp is not found’ pada menu RUH SPP dan ’error at line 8’ terkait pagu sudah diperbaiki dengan adanya update SPM 2013 versi 13.0.1. Silahkan menuju http://kppnmakassar2.net/update-spm-2013-versi-13-0-1/ untuk mengunduhnya.

      • Asep:

        saya mau tanya, saya install aplikasi spm 2013 di windows 8, dan berhasil login serta isi semua data dan back up, semuanya lancar. tapi timbul masalah pas tabblet windows 8 di restart atau shutdown, krn stl tablet nyala kembali, trus input spm lg maka tdk bisa login, terdapat peringtan, TIDAK DPAT TERKONEKSI DENGAN DATABASE onnectivity error:[MySQL][ODBC 5.1 Driver]Can’t connect to MySQ server on ‘localhoost’ (10061) dan saya buka servise, lalu saya klik spm, klik start, muncul peringatan Windows Could not stars SPM bservise on Local Computer. Error 1067 : The Process terminated unexpectedly, solusinya bagaimana pak? makasih

      • Asep:

        Maaf Pak, masih sama, dan saya nyerah, akhirnya pakai komputer yang satunya, padahal saya maunya pake yg acer W 511 biar lbh mobile. mohon pencerahannya. mksh

      • coba buka folder C:\AplGajiSatker
        lalu pilih file mysql-connector-odbc-3.51.25-win32 lalu klik kanan, dan pilih install

      Leave a Reply